Rabu, 30 Mei 2012

BAB I LAPORAN PRAKERIN RPL


BAB I
PENDAHULUAN

A.          Latar Belakang

Pada dasarnya setiap organisasi mempunyai tujuan yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada Mitra/ Partner/ Pelangganya. Dalam hal ini pelayanan yang baik, ketepatan waktu, keakuratan data dan lain-lain, merupakan  faktor penunjang untuk menarik simpati dan mempertahankan  pelayanan dalam mengatasi persaingan, maka dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.
Dalam hal ini Sekolah Menengah  Kejuruan (SMK) Laksamana Batam berupaya menghasilkan siswa-siswi yang terampil dalam bidang pengusaan Bisnis dan Manajemen dalam dunia kerja, tangguh, berdedikasi tinggi, mempunyai keahlian yang menunjang di bidang kerja serta mampu berinteraksi dalam dunia kerja. Agar tujuan tersebut tercapai siswa tidak hanya memperoleh teor, tetapi juga di bekali dengan Praktek Kerja di Perusahaan atau yan lebih dikenal dengan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
Dengan di adakanya Praktek Kerja Industri saat ini sangatlah baik dan berguna bagi setiap siswa-siswi SMK Laksamana Batam mendapatkan gambaran yang nyata di dalam menjajaki dunia kerja dan menerapkan hal yang positif apa saja yang telah di dapatkan di dalam dunia kerja.
Dengan ini Penulis memberikan laporan tentang hasil praktek kerja di PT.JAPAN SERVO BATAM, Penulis bersaha menguraikan dalam bentuk laporan yang berjudul   “ Membuat Database Material DC FAN di PT. JAPAN SERVO BATAM ”.
Database DC FAN sebagai judul, dikarenakan Database merupakan alat yang tepat untuk mengakses data di perusahaan-perusahaan. Selain itu database juga cara yang tepat untuk mengelompokkan data-data perusahaan, termask  untuk mengelompokkan nama-nama  material DC FAN.


B.          Dasar Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)

Pada saat ini, perkembangan Ilmu Teknologi semakin pesat, kebutuhan akan tenaga kerja merupakan faktor utama yang perlu di perhatikan. Khususnya Pulau Batam yang telah di tetapkan oleh Pemerintah menjadi suatu Daerah Sentral Industri, sehingga yang di butuhkan oleh perusahaan bukan hanya tenaga kerja, tetapi Kualitas dan Kuantitas atau mutu dari tenaga kerja itu sendiri adlah hal yang terpenting.
Dasar dari pelaksanaan dari prakerin tersebut adalah sebagai berikut :
-   Untuk menunjang kurikulum Sekolah yang telah di tetapkan oleh Mentri        DEPDIKBUD.
-       Untuk Mencapai Instutisional SMK LAKSAMANA BATAM, yaitu para lulusan dapat memiliki Pengetahuan dan Ketermapilan sesuai dengan program study  yang di pilih.
-          Untuk mengetahui program belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) LAKSAMANA BATAM, para siswa dan siswi yang melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) wajib membuat laporan atau paper yang di ajukan untuk memenuhi salah satu syarat  untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN). Setelah melaksanakan Prakerin, siwa/siswi diharapkan memperoleh keterampilan, wawasan yang luas, serta pengalaman yang berguna untuk memajukan Sekolahnya terutama untuk dirinya pribadi yang langsung terjun Ke lapangan Pekerjaan atau Dunia Industri.


1.           LANDASAN HUKUM
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) kan menjadi suatu bentuk penyelenggaraan.
Pendidikan Menengah Kejuruan sesuai dengan ketentuan pada Undang-Undang  No.1/1998 tentang system Pendidikan Menengah Kejuruan dan Peraturan Pemerindah No.39 Tahun 1992 tentang pernana masyarakat dalam Pendidikan Nasional, dan KETMENDIKBUD No.08/U/ 1993 tentang Kurikulum SMK sebagai berikut :

a.         Penyelenggaraan Sekolah Menengah dapat bekerja sam dengan masyarakat terutama dengan dunia usaha dan para dermawan. Untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menunjang penyelenggaraan dan pendidikan .
 PP 29, Bab XI, Pasal 29 ayat (1)
b.        Pengadaan dan pendayagunaan sumber daya pendidikan di lakukan serta oleh pemerintah, masyarakat, dan keluarga peserta didik.
UUSPN, Bab VIII, Pasal 33
c.         Masyarakat sebagai mitra pemerintah yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan Nasional.
UUSPN, Bab XIII, ayat (1)
d.        Serta masyarakat dapat membentukpemberian kesempatan untuk magang atau latihan kerja.
PP 29, Bab III, Pasal 4 Butir (8)
e.          Pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang yang lebih besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam system Pendidikan Nasional.
PP 39, Bab VI, Pasal 8, ayat (1)
f.         Sekolah menengah dapat dilakukan uji coba gagasn baru yang diperlakukan dalam rangka Pengembangan Nasional.
PP 29, Bab XIII, Pasal 13, ayat (2)
g.        Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat memilih pola penyelenggaraan pengajaran sebagai berikut :
1)        Menggunakan Unit Produksi sekolah beroprasi secara professional sebagai wahana pelatihan kejuruan.
2)        Melaksanakan sebagai kelompok mata pelajaran keahlian kejuruan di sekolah dan sebagai pelatihan kejuruan.
3)        Melaksanakan kelompok mata pelajaran keahlian kejuruan sepenuhnya di masyarakat, dunia usaha dan industry.
KEMENDIKBUD NO.080/U/1993, Bab IV, ButirC, I, Kurikulum 1999 SMK.

2.                 Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
Dalam pelaksanaanya, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) LAKSMANA BATAM telah berusaha mengikut sertakan kelas XI yang dilaksanakan pada semester II. Masing-masing selama 4 bulan dengan ketentuan-ketentuannya pada akhir pelaksanaan PRAKERIN, setiap siswa/siswi harus menyusun sebuah laporan yang membahas kembali tentang keterampilan dan pengetahuan yang di dapat dari dunia usaha.
Adapun maksud dan tujuan pelakaanaan PRAKERIN ini adalah:
a.     Untuk memenuhi program belajar di SMK.
b.    Salah satu syarat mengikuti Ujian Akhir Semester dan Ujian Kompetensi.
c.    Menerapkan keterampilan, ketelitian, disiplin, dan tanggung jawab sisiwa dalam menghadapi bidang tertentu pada saat melakukan setiap pekerjaan tertentu.
d.    Melatih fisik dan mental seseorang dalam bekerja di perusahaan.
e.    Memberikan latihan dan pengalaman kerja agar sisiwa memiliki pengalaman dalam dunia usaha.
f.     Meluaskan wawasan dan pandangan sisiwa/siswi terhadap dunia usaha agar dapat melihat keadaandan masalah-masalah yang sering terjadi di sekeliling dunia perindustrian khusunya pada zaman sekarang.
g.    Mendapat keterangan ilmuyang di pelajari dan dunia usaha maupun dari perindustrian dan perkantoran.

C.          Batasan Masalah

Selama penulis melakukan PRAKERIN di PT.JAPAN SERVO BATAM materi yang di berikan oleh pembimbing Instansi cukup banyak, Namun semua materitidak dapat sseluruhnya di bahas karena adanya keterbatasan pengetahuan dan waktu.  Oleh sebab itu penulis membatasi masalah yang akan di bahas dalam laporan ini yaitu hanya sebatas : “Proses Pembuatan Database DC FAN di PT. JAPAN SERVO BATAM”.

1.           Maksud dan Tujuan PRAKERIN
Pendidikan Sistem Ganda di Laksanakan sebagai wujud kebijakan di laksanakan  sebagai wujud kebijakan Link and Match dalam prossesnya,  Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan jurnal  yang  mempunyai tujuan-tujuan tertentu. Adapun maksud dan tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
a.             Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional dengan tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan di lapangan.
b.             Mempererat hubungan antara DU/DI dengan sekolah (pendidikan).
c.             Menghindari efisiensi proses pendidikan.
d.            Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
2.           Tempat dan Waktu pelaksanaan Prakerin
a.         Tempat Pelaksanaan Prakerin
Nama Perusahaan : PT. JAPAN SERVO BATAM
Alamat : JL. Gaharu Lot 228 – 230, Batam Industrial Park, Muka Kuning – Indonesia
Telp. (0770) 611276, 611277, 611278
b.        Waktu pelaksanaan Prakerin
Tanggal : 13 February 2012 – 04 Juni 2012
Hari Kerja : Senin – Jumat
Jam Kerja : 07.20 – 16. 20

3.           Metode Penulisan dan Sumber Data
Penulis memperoleh data yang di dapat dari :
a)             Observasi
Yaitu car mengumpulkan data secara langsung melalui objek-objek yang berhubungan dengan laporan ini.
b)            Wawancara
Yaitu mengadakan Tanya jawab kepada pembimbing atau orang-orang tertentu yang berhubungan dengan laporan ini.
c)             Penulis juga memperoleh bahan dari medi cetak seperti buku-buku yang di baca penulis dan yang ada di perusahaan yang mencakup data-data  perusahaan atau dokomen-dokumen penting yang  berhubungan dengan laporan ini.
D.          Sistematika Penulisan

Laporan ini terdiri dari 5 bab,  Penulis membagi pokok pembahasn dengan sistematika yaitu :

BAB I  PENDAHULUAN
 Merupakan bab pendahuluan yang membahas tentang  alasan dasar penulis melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), tujuan pembuatan Laporan, teknik pengumpulan data, pembatasan masalah, dan alasan pemilihan judul.

BAB II  TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
Merupakan tinjauan umum tentang PT. JAPAN SERVO BATAM  yang membahas tentang sejarah berdirinya perusahaan, kegiatan yang dilakukan perusahaan, landasan hukum perusahaan, prosedur dan tata kerja perusahaan,dan stuktur kerja perusahaan.

BAB III  PEMBAHASAN
Merupakan bab yang membhas tentang  Proses Pembuatan Database DC FAN di PT. JAPAN SERVO BATAM.

BAB IV TINJAUAN PUSTAKA
Merupakan bab yang membahas tentang sejarah dari Rekayasa Perangkat Lunak, pengertian Rekayasa Perangkat Lunak,  Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak serta ruang lingkup Rekayasa Perangkat Lunak.

BAB V  PENUTUP
Merupakan bab yang membahas tentang kesimpulan dan saran dari penulis khusus untuk sekolah dan PT. JAPAN SERVO BATAM agar bias lebih baik kedepanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar